jenis-jenis
cassete tape recorder/video casesete dan kegunaannya.
VCR
Perekam Kaset Video atau VCR (Video Cassette Recorder) adalah peralatan
elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam
suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah
seperti halnya pita kaset suara biasa (Audio Cassette Recorder atau Cassette
Recorder). Kebanyakan jenis VCR dilengkapi dengan rangkaian penala TV
(TV-tuner) atau penerima yang dapat menerima siaran TV secara langsung. Untuk
jenis yang lebih baik, VCR ini mempunyai rangkaian timer dan jam digital yang
bisa dipakai untuk merekam siaran TV secara otomatis pada jam-jam yang
diinginkan. Secara umum, perekam kaset video (VCR) ini menggunakan pita kaset
(tape)dengan 3 macam format: pita format VHS, pita format Betamax, dan pita
format V2000. Di antara ketiga macam format ini, sekarang jenis format yang
paling populer dipakai adalah pita kaset dengan format VHS.
•
Format VHS dari RCA dan JVC
Pita kaset VCR dengan format Betamax
Format VHS dalam dunia VCR dipromosikan pertama kali di Amerika Serikat pada
bulan September 1976 oleh perusahaan elektronik RCA. Jenis pertama dari format
ini mampu merekam video untuk waktu 2 jam. Jenis tape VHS yang baru yaitu tipe
T-180 dengan kecepatan rekam yang lebih lambat (kualitas gambar sedikit kurang
bagus) mampu merekam video selama 9 jam secara terus menerus. Selain perusahaan
RCA, perusahaan elektronik JVC (Japanese Victor Company) di Jepang juga memasarkan
produk VCRnya dengan menggunakan format VHS.
Format Betamax dari Sony
Jenis format video Betamax atau sekedar disebut format Beta diperkenalkan oleh
perusahaan Sony Jepang pada bulan November tahun 1975 (lebih dulu muncul dari
pada format VHS). Perusahaan Sony menyatakan bahwa kualitas format Betamax ini
lebih bagus jika dibandingkan dengan rekaman VHS, dan mempromosikan
bersama-sama dengan peralatan rekaman Betacam.
Format V2000 dari Phillips
Selain dua format VHS dan format Betamax, perusahaan Phillips (dari Belanda)
pada tahun 1978 memperkenalkan format lain yang disebut format V2000 atau
Video-2000 yang produknya hanya dipasarkan di Eropa saja. Bersama-sama dengan
perusahaan elektronik Grundig dan perusahaan LOEWE, Phillips memproduksi kaset format
V2000 ini, dan mampu merekam video selama 4 jam. Namun karena persaingan yang
tinggi, jenis format V2000 ini sekarang tidak populer lagi.
Perkembangan VCR
Charles Ginsburg pada tahun 1951 menciptakan sebuah videotape recorder, yang
mampu menangkap gambar-gambar bergerak dari sinyal dengan mengubah rangsangan
elektrik dan menyimpan informasi pada sebuah kaset magnetik. Pada 1956 VTR
(video tape recorder) mulai dipasarkan. Kemudian Video Cassette Recorder dibuat
pertama kali oleh Charles Ginsburg dan Ray Dolby pada 1956, dan mulai
dipasarkan pada tahun 1971.
Di Indonesia Video Cassette Recorder sempat menjadi populer pada sekitar tahun
1980-an, sebagai sebuah alternatif hiburan bagi masyarakat. Namun sekarang VCR
ini sudah jarang dipakai, karena banyak alternatif perangkat lain yang lebih
mudah dipakai. Masyarakat sudah jarang menggunakan VCR, namun alat ini tetap
dipakai dalam rangka perekaman film dalam produksi program-program televisi.
Bagian Pendukung Kerja VCR
Ada beberapa bagian penting yang harus dimiliki dalam pemenuhan standar kerja
VCR, yaitu:
Kaset (Tape)
Saat kita membuka satu per satu bagiannnya, akan kita temukan Pertama, bagian
atas dan bawah pada lapis terluar, yang biasanya terbuat dari plastik. Kemudian
sebuah pintu “bergerak” yang melindungi kaset, agar kaset dapat dibuka dan
ditutup dengan mudah. Didalamnya, terdapat dua buah spul untuk memegangi pita
kaset. Kemudian akan kita temukan pita kaset berukuran 244 m, 0,5 inci, terbuat
dari oxide coated Mylar sebagai media perekam materi, dan beberapa rol pemutar
yang memutar pita sampai bagian depan kaset. Dan dua buah media sebagai
pengunci yang menahan pita agar tidak memutar kembali. Juga berbagai jenis
sekrup yang memperkuat bagian-bagian tersebut, pada saat kaset dimasukkan ke
dalam VCR, maka ada sebuah “lever”yaitu sebuah optik untuk mengoperasikan alat
atau mesin, pada posisi tertentu. Kerjanya diperkuat dengan tersedianya sebuah
“pin” sebuah tembaga berukuran kecil dengan bentuk lingkaran, digunakan untuk
mempererat ketersambungan beberapa alat. Pada point tersebut, sistem dalam VCR
akan “mengurai” memori pada pita kaset, kemudian memainkannya.
VCR
Video Cassette Recorder dibuat pertama kali oleh Charles Ginsburg dan Ray Dolby
pada 1956. alat ini populer digunakan dalam rangka pengembangan sistem
penyiaran televisi, karena apa yang ditayangkan pada pertama kali sekarang akan
dapat diputar kembali pada waktu yang lain.
VCR sendiri memiliki dua tugas utama, yaitu mengadakan kontak dengan pita
kaset, sebuah alat yang sangat tipis, sangat lemah dan mudah sekali rusak,
dengan ukuran panjang yang tidak terukur dalam sebuah plastik, dan membaca
sinyal dari pita kaset dan “memaknainya” dengan sinyal yang bisa dimengerti
oleh televisi. Tugas kedua diatas merupakan sebuah kemajuan teknologi yang tinggi
dalam waktu singkat.
Pada perekaman suara, informasi suara disimpan secara linear pada kaset.
Kemudian kaset bergerak melewati “kepala perekam” dan informasi suara tersebut
diletakkan sebagai sebuah garis panjang yang mengikuti pergerakan pita kaset. Kaset
ini dapat bergerak melewati kepala perekam tersebut dengan ukuran 2 sampai 3
inci (5 sampai 8 cm) per detik.
Sinyal video terdiri sekitar 500 kali lebih banyak informasi dibandingkan
dengan sinyal bunyi, dikarenakan beberapa pendekatan pekerjaan tidak dapat
dikerjakan oleh beberapa hal. Namun kaset harus tetap bergerak melewati kepala
perekam tersebut beberapa kaki per detik. Untuk mengatasi masalah ini, dua
kepala perekam terorganisi bersama pada sebuah drum putar yang digerakkan
kearah yang lebih tinggi dari posisi kaset.
Kerjasama VCR dengan Televisi
Gambar dalam televisi dibagi dalam beberapa series dalam 525 garis scan
horizontal, setengahnya ditayangkan setiap 60 detik. Masing-masing melewati
kepala perekam dari VCR yang membaca atau menulis data dalam satu lembaran
(262,6 garis scan) dari gambar televisi. Sehingga data perekaman videotape
adalah sebagai berikut:
Dalam hal ini, akan ada beberapa bagian yang direpresentasikan oleh beberapa
warna. Bagian cahaya biru merupakan lembaran yang disediakan bagi perekaman
yang dilakukan oleh kepala perekam dalam drum berputar. Drum berputar terdiri
dari dua kutub pada posisi yang berlawanan (180 derajat jarak). Dua kutub ini
memberikan alternatif bagi masing-masing bagian untuk membaca dan menulis data
pada pita kaset.Dan bagian yang berwana kuning me-representasikan sebuah audio
control track.
Alat pengontrol ini penting karena, pertama ia berfungsi sebagai pengontrol
kerja VCR dalam melakukan perekaman, pada mode SP, LP ataupun EP, juga mengatur
seberapa cepat VCR akan menarik kaset melewati drum pemutar, dan mempertahankan
posisi pita pada saat pita tersebut dimainkan.
Saat kita bermain dengan pemutaran track rekaman pengontrol pada VCR, kita
hanya perlu memindahkan posisi “skew” antara pengontrol track dengan posisi
kepala perekam.
Kerjasama VCR dengan Kaset
Hubungan antara kaset dengan pemutar didalam VCR adalah sebagai berikut,
Pertama kepala berputar pada 1800 rotasi per menit, atau 30 pergantian per
detik.Pada mode SP, kaset akan melewati kepala pemutar pada garis 1,31 inci per
menit (33,35 mmps), pada mode LP pada 0.66 inci per detik (16,7 mmps, dan pada
mode EP pada 0,44 inci per detik (11,12 mmps. Karena rotasi inilah kepala
tersebut berputar pada 228,5 inci(5804 mm) per detik, atau dengan kata lain berputar
pada 25 mil per jam. Artinya apabila video menyimpan informasi secara
linear,maka anda akan memerlukan 50 mil (80 km) untuk sebuah kaset dapat
menyimpan film dengan durasi 2 jam.
Sebuah bagian yang dikatehui sebagai helical scanning akan membantu pemutaran
kaset. Masalahnya adalah bagaimana cara membuat desain sebuah bentuk VCR yang
bisa membungkus kaset video dalam putaran kepala perekam dengan tujuan
perekaman ataupun pemutaran memori kaset. Selain itu mesin juga harus dapat
mempertahankan pergerakan kaset pada posisi tertentu yang seimbang dengan
kecepatan putaran yang pas dan mampu diidentifikasi dan berhenti dengan tepat.
Untuk melakukan tugas ini, VCR harus mengikuti langkah sebagi berikut:
Mekanisme driver dalam VCR harus dapat mengurai dengan baik pita panjang dari
kaset dan membungkusnya dalam sebuah rol dengan kombinasi drum dan kepala
perekam untuk dapat memainkannya. Ini merupakan pekerjaan paling berat yang
harus dikerjakan oleh VCR.
Isi Kerangka dalam VCR
• Terdapat di dalam RCA VCR
• Terdapat drum pemutar
• Ketika VCR mulai membaca kaset, dua pemutar yang akan
menarik kaset keluar dari VCR.Mereka akan bergerak pada rel dan membungkus
perekam disekitar drum
• Ketika kaset untuk pertama kalinya didudukan pada VCR, dua
pemutar ini akan langsung masuk pada kaset, di belakang perekam, kaset akan
melakukan penyesuaian posisi dengan perekam pada saat ini
• Ketika pemutar bekerja dengan baik pada track,kaset akan
berputar dengan baik disekitar drum
• Sebuah kunci pemutar akan menahan gerakan berputar dari
kepala perekam
VCR “berbicara”: Sebuah sistem Pengontrolan VCR
Beberapa pengaturan yang diberlakukan antara lain:
Tracking Control, kasetnya terdiri dari sebuah pengaturan track linear yang
membantu VCR sebagai penyeimbang putaran rotasi dengan pita perekam pada kaset
Flying Erase Head, VCR memiliki dua tipe flying erase head, alat ini sebenarnya
di-organisir dalam drum pemutar. Mampu menghapus memori dalam pita dengan
mempersilahkan pembersihan diantara segment tersebut
SP, LP, dan EP settings, ini merupakan tiga macam kecepatan yang di set dalam
sebuah VCR yang akan melakukan pengaturan kecepatan pada kaset yang berhubungan
dengan drum pemutar. SP mode, dimana kaset bergerak melampaui kepala perekam
dalam 1,31 inci (33,35 mm) per detik. Dalam LP mode, sejauh 0,66 inci (16,7 mm)
per detik, EP mode sejauh 0,44 inci (11,12 mm) per detik. Selama kecepatan
kaset bertambah, pita dalam kaset akan bergerak semakin dekat satu sama lain,
mengurangi kemampuan pencitraaan tapi menambah jumlah materi yang cocok untuk
kaset
Four-head vs Two-head, sebuah VCR membutuhkan hanya dua kepala untuk menyimpan
atau memainkan kaset pada mode SP. Sebuah masalah timbul, pada saat LP dan EP
mode, karena kaset akan bergerak jauh lebih lambat. Untuk itu kebanyakan VCR
memiliki dua kepala pemutar untuk SP mode dan dua kepala yang lebih kecil
digunakan untuk pemutaran kecepatan lebih lambat. Gabungan empat kepala ini
akan menyajikan sebuah sistem kerja yang lebih baik pada pemutaran dalam
kecepatan yang lebih rendah
End-of-tape sensing, saat VCR sudah tidak beroperasi, akan tampak sebuah cahaya
melalui kaset dan mengidentifikasikan bahwa tugas telah selesai
CARA KERJA VIDEO CASEETE
Suara yang ditangkap oleh alat pemroses suara memiliki tipe data digital
yangmana datanya dinyatakan dalam bilangan biner, yaitu 0 dan 1. Serangkaian 0
dan 1 ini merepresentasikan suatu nilai sendiri yangmana dengan decoder
tertentu akan menghasilkan nilai yang diinginkan (data yang diperoleh tidak
rusak/sesuai).
Pada kepingan CD, data 0 diperoleh dari ‘lubang’ yang dibuat oleh CD writer,
sedangkan data 1 tidak memiliki ‘lubang’. Jadi, deretan data seperti 1011,
dalam bentuk fisik akan menjadi: rata-lubang-rata-rata. Lubang ini
dimensinya sangat kecil sekali.
Konstruksi CD dengan lubang ini bukanlah apa yang terjadi pada jaman sekarang.
Namun, dasarnya sama. Sekarang, lobang atau ratanya diganti dengan transparan
atau buramnya salah satu lapisan pada CD yang namanya Photosensitive Dye. Nah,
lapisan ini yang menentukan pola deretan data 1 dan 0.
Mengapa disebut CD burner? Karena itulah yang dikerjakannya, mem’bakar’ lapisan
Photosensitive Dye ini sehingga menjadi lebih buram alias tidak transparan. Apa
yang terjadi apabila dia transparan? Bila transparan, maka dengan CD reader,
akan terbaca sebagai 1, sedangkan bila buram akan terbaca 0.
Kok jadi transparan dan buram sih istilahnya? Memang demikian, karena cara
kerja CD reader adalah dengan melihat apakah cahaya laser yang ditembakkannya
ke keping CD dipantulkan kembali ke sensor (pada CD reader) atau tidak. Apabila
dipantulkan (berarti lapisan Photosensitive Dye-nya transparan alias tidak
terbakar) berarti data ini adalah 1, apabila tidak ada pantulannya atau lemah
pantulannya maka data ini adalah 0.
rekaman video adalah merekam gambar dan suara pada pita magnetik sebagai lawan
untuk film film atau media akses acak digital. Kaset video juga digunakan untuk
menyimpan data ilmiah atau medis, seperti data yang dihasilkan oleh
elektrokardiogram. Dalam kebanyakan kasus, sebuah heliks scan berputar video
kepala terhadap pita bergerak untuk merekam data dalam dua dimensi, karena
sinyal video memiliki bandwidth yang sangat tinggi, dan kepala statis akan
membutuhkan kecepatan tape sangat tinggi. Kaset video digunakan dalam kedua
video tape recorder (VTR) atau, lebih umum dan lebih baru-baru ini, perekam
kaset video (VCR) dan kamera video. Tape adalah metode linear menyimpan
informasi dan, karena hampir semua rekaman video yang dibuat saat ini adalah
digital, diharapkan secara bertahap kalah pentingnya sebagai metode
non-linear/random-access untuk menyimpan data video digital menjadi lebih umum.
Isi
Divisi elektronik dari perusahaan produksi penghibur Bing Crosby, Bing Crosby
Usaha (SM), memberikan demonstrasi pertama di dunia rekaman video di Los
Angeles pada tanggal 11 November 1951. Dikembangkan oleh John T. Mullin dan
Wayne R. Johnson sejak tahun 1950, perangkat akan memberi apa yang digambarkan
sebagai "kabur dan tidak jelas" gambar, menggunakan Ampex
dimodifikasi 200 tape recorder dan standar seperempat inci (0,6 cm) rekaman
audio bergerak pada 360 inci (9,1 m) per detik [1] [2] tahun kemudian, sebuah
versi perbaikan, menggunakan pita magnetik satu inci (2,6 cm),. ditunjukkan
kepada pers, yang dilaporkan menyatakan kagum pada kualitas gambar, meskipun
mereka memiliki "kualitas kasar gigih yang tampak seperti sebuah film
usang". Secara keseluruhan, kualitas gambar masih dianggap lebih rendah
dengan rekaman kinescope terbaik di film [3] Bing Crosby Enterprises
diharapkan. Untuk memiliki versi komersil yang tersedia pada tahun 1954, tetapi
tidak ada akhirnya bersatu [4] SM menunjukkan. Sebuah model warna pada bulan
Februari 1955, menggunakan rekaman memanjang pada setengah inci (1,3 cm) tape,
pada dasarnya mirip dengan apa RCA telah menunjukkan pada tahun 1953 (lihat di
bawah). CBS, RCA pesaing, adalah sekitar untuk memesan mesin SM ketika Ampex
memperkenalkan sistem Quadruplex unggul (lihat di bawah). [5]
RCA menunjukkan rekaman magnetik kedua program hitam-putih dan warna di
laboratorium perusahaan Princeton pada 1 Desember 1953 [6] [7] Sistem tape
tinggi kecepatan longitudinal, yang disebut Simplex, dalam pembangunan sejak
1951,. Bisa merekam dan memutar kembali hanya beberapa menit dari sebuah
program. Sistem warna yang digunakan setengah inci (1,3 cm) tape untuk merekam
lima lagu - masing-masing untuk merah, biru, sinkronisasi hijau,, dan audio.
Sistem hitam-putih menggunakan pita seperempat inci (0,6 cm) dengan dua lagu,
satu untuk gambar dan satu untuk suara. Kedua sistem berlari di 360 inci (9,1
m) per detik. [8] RCA milik NBC pertama menggunakannya di The Jonathan Winters
Show pada tanggal 23 Oktober, 1956 ketika urutan lagu pra-direkam oleh Dorothy
Collins dalam warna yang termasuk dalam dinyatakan hidup program. [9] [10] BBC
bereksperimen 1952-1958 dengan sistem video berkecepatan tinggi linear disebut
BUAYA, tapi ini akhirnya tidak layak. Ini digunakan tape setengah inci (1,27
cm) bepergian di 200 inci (5,08 m) per detik.
[video Broadcast
[ Quad
Sebuah reel dari rekaman video quad 2-inci dibandingkan dengan hari-modern
MiniDV kaset video
Mesin-mesin rekaman video pertama praktis profesional yang mampu menggantikan
kinescopes adalah mesin Quadruplex diperkenalkan oleh Ampex pada 14 April 1956
di National Association of konvensi Penyiaran di Chicago. Quad bekerja
melintang sebuah (pemindaian rekaman itu di seluruh lebar) empat-kepala sistem
pada pita (5,08 cm) dua inci, dan kepala linier untuk jalur suara. CBS pertama
kali menggunakan Ampex VRX-1000 [11] Mark IV di perusahaan Kota studio televisi
di Hollywood pada 30 November 1956 untuk memainkan siaran tertunda Douglas
Edwards dan Kabar dari New York ke Pacific Time Zone. [11] [12 ] Pada tanggal
22 Januari 1957, NBC menampilkan permainan Truth or Consequences, diproduksi di
Hollywood, menjadi program pertama yang akan disiarkan di semua zona waktu dari
sebuah video rekaman [13] Ampex memperkenalkan perekam kaset video warna tahun
1958 di. sebuah cross- perjanjian lisensi dengan RCA, yang insinyur telah
berkembang dari perekam Ampex hitam-putih [14] NBC 1958 khusus, An Evening
Dengan Fred Astaire, adalah jaringan video warna tertua..
Meskipun Quad menjadi standar industri untuk lebih dari 20 tahun, itu kelemahan
seperti ketidakmampuan untuk membekukan gambar, dan tidak ada pencarian gambar,
juga, dalam mesin awal, tape andal bisa dimainkan kembali hanya menggunakan set
yang sama dari tape buatan tangan kepala, yang memakai dengan sangat cepat.
Kemudian mesin telah hidup yang lebih panjang dan garis keterlambatan digunakan
untuk mengkompensasi perbedaan di empat kepala. Meskipun masalah ini, Quad
dapat menghasilkan gambar yang sangat baik. sistem video berikutnya telah
menggunakan heliks scan, di mana video kepala diagonal trek rekor (bidang
lengkap) ke kaset.
Sangat kaset video awal beberapa masih ada [15] Sementara. Jauh lebih murah dan
lebih mudah daripada kinescope, biaya tinggi 3M 179 Scotch kaset video [11] dan
lainnya awal ($ 300 per reel satu-jam) [16] berarti bahwa lembaga penyiaran
paling terhapus dan digunakan kembali mereka, dan (di Amerika Serikat) rekaman
video dianggap hanya sebagai alat hemat biaya lebih baik dan lebih banyak
waktu-menunda siaran dari kinescopes. Itu adalah zona waktu empat benua Amerika
yang telah membuat sistem yang sangat diinginkan di tempat pertama.Tipe C dan Tipe
B
Format berikutnya untuk mendapatkan penggunaan luas adalah 1 "(2,54 cm)
Jenis format C dari tahun 1976 dan seterusnya ini memperkenalkan fitur seperti
pulang-pergi dan masih framing,. Tapi reproduksi suara dan gambar yang dicapai
pada format adalah kualitas hanya sedikit lebih rendah dari Quad (meskipun 1
"Tipe kualitas C masih cukup tinggi). Namun, tidak seperti Quad, 1
"Tipe C pemeliharaan mesin yang dibutuhkan jauh lebih sedikit, mengambil
sedikit ruang, dan konsumsi daya listrik lebih sedikit.
Di Eropa sebuah format kaset serupa juga dikembangkan, yang disebut Tipe B
mesin B. Jenis (juga dikenal sebagai BCN) menggunakan 1 sama "tape sebagai
Tipe C tetapi mereka tidak memiliki pesawat C dan pilihan gerak lambat Kualitas
gambar itu. Sedikit lebih baik, meskipun Tipe B. norma siaran di benua Eropa
untuk sebagian besar tahun 1980-an.
7 Desember 1963 - Instant Replay digunakan untuk pertama kalinya selama
transmisi langsung dari TNI Angkatan Laut Game oleh penemunya, direktur, Tony
Verna.
[format Kaset
Sebuah tape U-matic
Pada tahun 1969, Sony memperkenalkan prototipe untuk kaset video pertama luas,
sistem 3 / 4 "(1,905 cm) U-matic komposit, yang Sony diperkenalkan secara
komersial pada September 1971 setelah bekerja standar industri dengan produsen lain
Sony kemudian. Disempurnakan untuk Broadcast Video U-matic atau BVU. Sony terus
memegang pada pasar profesional dengan yang pernah-berkembang 1 / 2 "(1,27
cm) komponen video keluarga Betacam (diperkenalkan pada tahun 1982), yang pada
varian digital, masih di antara pemimpin pasar profesional. Panasonic memiliki
beberapa keberhasilan yang terbatas dengan sistem MII, tetapi tidak pernah bisa
dibandingkan dengan Betacam dalam hal pangsa pasar.
Langkah berikutnya adalah revolusi digital. Di antara format video digital
pertama Sony D-1, yang menampilkan rekaman komponen digital terkompresi. Karena
D-1 sangat mahal, komposit D-2 dan D-3 (oleh Sony dan Panasonic, masing-masing)
diperkenalkan segera setelah. Ampex memperkenalkan rekaman komponen dikompresi
pertama dengan seri DCT pada tahun 1992. Panasonic palsu D-1 dengan format D-5,
yang telah dikompresi juga, tetapi jauh lebih terjangkau.
Standar DV, yang memulai debutnya pada tahun 1996, telah menjadi banyak
digunakan baik dalam bentuk asli dan dalam bentuk yang lebih kuat seperti Sony
DVCAM dan DVCPRO Panasonic sebagai akuisisi dan format editing. Namun, karena
kekhawatiran oleh industri hiburan tentang kekurangan format tentang
perlindungan salinan, hanya lebih kecil MiniDV kaset digunakan dengan camcorder
menjadi biasa, dengan kaset DV berukuran penuh dibatasi sepenuhnya untuk
aplikasi profesional.
Untuk camcorder, Sony mengadaptasi sistem Betacam dengan perusahaan format
Betacam Digital, kemudian setelah itu dengan Betacam SX murah dan format MPEG
IMX, dan sistem berbasis DV-semi DVCAM. Panasonic DVCPRO digunakan perusahaan
varian DV untuk semua kamera profesional, dengan format DVCPRO50 tinggi
akhir-menjadi keturunan langsung. JVC mengembangkan format D9/Digital-S
bersaing, yang kompres data video dalam cara yang mirip dengan DVCPRO,
melainkan menggunakan media kaset yang mirip dengan S-VHS.
[ Definisi Tinggi
Pengenalan produksi HDTV mengharuskan media untuk menyimpan informasi tinggi
resolusi video. Pada tahun 1997, Sony menabrak yang seri Betacam sampai dengan
HD dengan standar HDCAM dan tinggi akhir-sepupunya yang HDCAM SR. format
Panasonic bersaing untuk kamera ini didasarkan pada DVCPRO dan memanggil DVCPRO
HD. Untuk penggunaan VTR dan arsip, Panasonic memperluas D-5 spesifikasi untuk
menyimpan dikompresi HD sungai dan menyebutnya D-5 HD.
[Edit] Home video
[Sunting] VCR
Pemandangan bawah kaset video VHS dengan pita magnetik terkena
Perekam kaset video konsumen pertama diluncurkan pada tahun 1971 (berbasis di
sekitar teknologi U-matic). Philips memasuki pasar domestik tahun berikutnya
dengan N1500 [17]. Sony Betamax (1975) dan VHS JVC (1976) menciptakan pasar
massal untuk VCR dan dua sistem yang bersaing memerangi "perang format
kaset video", yang akhirnya dimenangkan VHS. Pada VCR pertama sangat mahal,
tetapi oleh akhir 1980-an harga turun cukup untuk membuat mereka terjangkau
untuk audiens arus utama. Kaset video akhirnya memungkinkan bagi konsumen untuk
membeli atau menyewa lengkap dan menonton film di rumah setiap kali mereka
inginkan, bukan hanya penangkapan itu di film bioskop atau harus menunggu
sampai itu siaran. Hal ini juga memungkinkan bagi pemilik VCR untuk merekam
film dan program televisi lainnya "dari udara". Hal ini menyebabkan
perubahan besar dalam praktek melihat, sebagai salah satu tidak lagi harus
menunggu untuk mengulang program yang telah terjawab. Pergeseran ke rumah
melihat juga mengubah pendapatan industri film sungai, karena menyewa rumah
menciptakan sebuah "jendela" tambahan di mana sebuah film bisa
menghasilkan uang. Dalam beberapa kasus, film yang tidak hanya sederhana dalam
rilis teater mereka melanjutkan untuk memiliki kinerja yang kuat di pasar sewa
(misalnya, film kultus).
VHS telah menjadi format VCR konsumen terkemuka setelah "perang",
meskipun tindak perusahaan-up S-VHS, W-VHS dan D-VHS tidak pernah terperangkap
dalam popularitas. Pada akhir 1990-an di pasar video rekaman, VHS mulai
mengungsi oleh DVD. Format DVD memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan
VHS tape. Sebuah disk DVD jauh lebih mampu untuk mengambil tampilan dengan
diulang dari VHS tape, yang dapat retak atau pecah, yang membuat DVD format
yang lebih baik dari perspektif toko sewa's. Selain, sedangkan VHS tape dapat
dihapus jika terkena medan magnet (seperti dengan menjadi kiri dekat
pembicara), DVD tidak terpengaruh oleh medan magnet. Meskipun DVD tidak
memiliki masalah kaset, seperti kerusakan dari pita atau mekanisme kaset, DVD
masih bisa rusak oleh goresan. Faktor lain untuk toko film sewa adalah bahwa
DVD lebih kecil dan mengambil sedikit ruang untuk menyimpan. DVD menawarkan
sejumlah keuntungan bagi penonton: DVD dapat mendukung 4x3 standar dan rasio
aspek layar lebar layar 16x9 dan DVD dapat memberikan dua kali resolusi video
dari VHS. Selain itu, penampil yang ingin langsung beralih ke akhir film dapat
melakukannya lebih cepat dengan sebuah DVD dibandingkan dengan VHS tape (yang
harus memutar ulang). DVD dapat memiliki menu interaktif, lagu berbagai bahasa,
komentar audio, subtitel dan subtitling (dengan pilihan untuk memutar sub judul
on atau off, atau memilih sub judul dalam beberapa bahasa). Selain itu, sebuah
DVD dapat diputar pada komputer.
Karena keunggulan ini, oleh-pertengahan tahun 2000-an, DVD adalah bentuk
dominan dari film video rekaman baik di film sewa dan pasar film baru. Pada
akhir 1990-an dan awal 2000-an, meskipun, konsumen terus menggunakan VCR untuk
merekam lebih dari acara TV-the-air, karena konsumen tidak bisa membuat rumah
rekaman ke DVD disk. Penghalang ini terakhir dominasi DVD patah di akhir tahun
2000-an, dengan munculnya perekam DVD murah dan perekam video digital (DVR).
perangkat DVR, yang merekam acara ke hard disk, dapat dibeli dari toko
elektronik atau disewa dari penyedia layanan TV kabel atau satelit. Meskipun
dominasi mainstream DVD, VHS terus memiliki peran. Konversi ke DVD telah
menyebabkan pasar dibanjiri dengan film-film VHS digunakan, yang tersedia di
pegadaian dan toko kedua tangan, biasanya dengan harga lebih murah daripada
film setara pada DVD yang digunakan. Selain itu, karena banyaknya pemain VHS di
sekolah-sekolah dan perpustakaan, kaset VHS masih diproduksi untuk pasar
pendidikan.
[Camcorder
Kaset DV
Kiri ke kanan:-L DVCAM, DVCPRO-M, DVC / MiniDV
Awal digunakan konsumen VHS camcorder ukuran penuh atau kaset Betamax. Kemudian
model beralih ke format kompak lebih, dirancang secara eksplisit untuk
penggunaan camcorder, seperti VHS-C dan Video8. VHS-C adalah versi dirampingkan
dari VHS, dengan menggunakan metode perekaman yang sama dan pita yang sama,
tetapi dalam sebuah kaset yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan untuk memutar
kaset VHS-C tape recorder VHS biasa dengan menggunakan adaptor. Setelah Super
VHS telah muncul, sesuai versi kompak, Super VHS-C, dirilis juga. Video8 adalah
keturunan langsung dari Betamax, menggunakan tape sempit dan kaset yang lebih
kecil. Karena loading pita rumit berbentuk U dan pita sempit, tidak mungkin
untuk mengembangkan adaptor dari Video8 ke Betamax. Video8 kemudian diganti
dengan Hi8, yang menyediakan resolusi yang lebih baik dan rekaman suara
berkualitas tinggi, dan mirip dengan Super VHS-C.
Para konsumen digital format video rekaman pertama, diperkenalkan pada tahun
1995, menggunakan lebih kecil Digital Video Cassette (DVC). [18] Format
kemudian berganti nama menjadi MiniDV untuk mencerminkan skema pengkodean DV,
tapi kaset masih membawa "DVC" tanda. Beberapa format kemudian
seperti DVC Pro dari Panasonic mencerminkan nama asli. The DVC / format MiniDV
yang disediakan dekat-broadcast video berkualitas dan canggih kemampuan
pengeditan nonlinier pada peralatan konsumen. Pada tahun 1999 Sony backported
skema perekaman DV untuk 8-mm sistem, menciptakan Digital8. Dengan menggunakan
kaset yang sama dengan Hi8, Digital8 camcorder banyak yang dapat memainkan
rekaman Video8/Hi8 analog, menjaga kompatibilitas dengan kaset analog yang sudah
direkam. Pada tahun 2008, Digital8 camcorder telah dihapus dari peralatan yang
ditawarkan oleh Sony.
Sony memperkenalkan format lain yang disebut kaset camcorder MicroMV, tetapi
minat konsumen yang rendah karena sifat alami dari dukungan format dan terbatas
untuk apa pun kecuali low-end Windows editor video, dan Sony dikirim unit
MicroMV terakhir pada tahun 2005. Pada akhir tahun 2000-an, MiniDV dan sepupu
yang high-definition, HDV, adalah dua format konsumen yang paling populer tape
berbasis. Format menggunakan metode encoding yang berbeda, tetapi tipe kaset
yang sama. Sejak tahun 2001, ketika MicroMV yang disajikan, tidak ada faktor
bentuk tape baru telah diperkenalkan.
[Sunting] Masa Depan tape
Tren terbaru dalam camcorder konsumen menunjukkan beralih dari tape berbasis
solusi tapeless, seperti built-in hard disk drive, cakram optik dan memori
solid-state. Secara khusus, Canon belum memperkenalkan camcorder HDV konsumen
benar-benar baru untuk tahun ketiga berturut-turut, membatasi diri untuk modifikasi
kecil dengan model 2007. Sony dan Panasonic telah menghapus konsumen mereka
camcorder tape berbasis dari pasar Amerika Utara sepenuhnya. Dalam pengaturan
perekaman video profesional, seperti siaran televisi, rekaman video masih
banyak digunakan di pertengahan sampai akhir 2000, tetapi format tapeless
seperti DVCPRO P2, XDCAM dan AVCHD, yang mendapatkan penerimaan yang lebih
luas.
Kesimpulan
Sebuah sejarah dalam revolusi perekaman, VCR pernah menjadi sebuah fenomena
dalam sejarah perkembangan teknologi. Sekarang perkembangan teknologi tinggi
telah mempermudah dan mendukung manusia dalam menjalankan kesehariannnya. Video
Cassette Recorder populer digunakan dalam industri televisi, khususnya dalam
rangka pembuatan program-program televisi, dalam perkembangannya VCR ini juga
digunakan dalam perekaman kegiatan-kegiaatan (event) tertentu misalnya dalam
rangka pengamanan, penyelenggaraan kesepakatan, kegiatan-kegiatan politik, dsb.
Namun sekarang VCR ini tidak lazim digunakan di kalangan masyarakat umum, dikarenakan
memerlukan alat yang cukup rumit dan harganya lebih tinggi jika dibandingkan
dengan teknologi pemutaran video terbaru yaitu VCD atapun DVD.
BENTUK-BENTUK VCR
Kaset video ( Video Cassette )
Standar VHSJenis yang paling umum adalah kaset video VHS tape kaset standar. Mereka biasanya datang dalam 60 -, 120 -, atau panjang 240-menit. Panjang dapat dua kali lipat dengan mengorbankan kualitas gambar. Secara umum, kaset ini memiliki kualitas gambar yang sangat miskin, terutama oleh standar saat ini. Mereka biasanya ukuran sekitar 188 mm dengan 104 mm dengan 25 mm.
2. VHS-C Kaset VHS-C pada dasarnya adalah versi lebih kecil dari pita standar ukuran penuh VHS. Karena ukurannya dikurangi, mereka biasanya hanya berjalan selama 30 sampai 45 menit. Mereka sering digunakan di camcorder bahu besar-mount, dan memerlukan sebuah adaptor khusus untuk dimainkan dalam VCR standar. Mereka mengukur sekitar 95 mm dengan 60 mm dengan 25 mm.
Super VHSSuper VHS kaset itu identik dalam bentuk dan ukuran kaset VHS standar, tapi sementara VHS standar memiliki kualitas gambar yang 240-line, Super VHS memiliki kualitas 400-garis gambar. Super VHS menjadi sangat populer dengan pengguna camcorder karena kualitas gambar yang lebih baik nya. Super kaset VHS-C juga tersedia sekitar waktu yang sama.BetamaxBetamax adalah, awal format video kaset sekarang-usang yang pernah bersaing untuk dominasi pasar rekaman rumah. Awalnya dirilis oleh Sony pada tahun 1975, kaset ini diukur 155 mm 95 mm 24 mm, dan panjang rekaman datang dari 30, 65,, 130 dan 195 menit. Mereka jatuh dari penggunaan yang luas sekali VHS memenangkan dominasi pasar 8 mm Video8 mm kaset video yang digunakan dengan camcorder. Mereka datang dalam berbagai resolusi dan kecepatan tape. Beberapa jenis yang lebih populer adalah Video 8, Hi8, dan Digital 8.6. BetacamBetacam adalah ukuran yang sama dengan kaset Betamax, dan datang dalam varietas yang berbeda. Karena kualitas mereka sedikit lebih baik, mereka sering digunakan dalam pelaporan berita. BetaCAMs baru juga datang dalam digital, HD, dan format MPEG.
Kaset audio (Audio Cassette )
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
1. Cassette Tape adalah Selain digunakan dari Komputer, Casstte tape juga dapat diputar dan direkam melalui tape recorder. Memiliki ukuran panjang 4 inch dengan lebar 2.5 inch.
Gambar Cassette Tape
2. RCA Victor pita cartridge adalah format pita magnetik yang dirancang untuk menawarkan stereo seperempat inci -to-reel tape reel dalam format yang lebih nyaman untuk kebutuhan rumahan.Itu diperkenalkan pada tahun 1958, setelah empat tahun pembangunan, pada saat yang sama dengan stereoponis piringan hitam.
3. Elcaset adalah singkat audio format yang dibuat oleh Sony pada tahun 1976, membangun ide diperkenalkan 20 tahun sebelumnya di cartridge tape RCA . Kaset itu sendiri tampak sangat mirip dengan kaset standar, hanya lebih besar-sekitar dua kali ukuran.
4. Kaset tunggal (CS, juga dikenal dengan merek dagang “Cassingle” atau dikapitalisasi sebagai merek dagang “Kaset Single”) adalah sebuah musik tunggal dalam bentuk Kaset Compact .
Jenis-Jenis Cassette yang lainnya :
1. Kaset Komputer (Binary Cassette)
Digunakan untuk menyimpan data komputer dengan sistem binary digit. Alat Pemutar dan Penyimpan data berupa perangkat komputer.
2. Kaset Analog/Audio (Analog/Audio Cassette)
Digunakan untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
3. Kaset Audio Video (Audio Video Cassette)
Digunakan untuk Menyimpan video/gambar bergerak dengan format DCC (Digital Compact Cassette) yang dikembangkan dari format Audio Binary Digit. Alat Pemutar dan Perekam Video/gambar bergerak berupa Video Cassette Recorder (VCR).
0 komentar:
Posting Komentar